Motivasi

Seberapa penting motivasi
Sangat penting, motivasi merupakan energi kehidupan untuk seseorang. dan mengalirkan energi adalah salah satu tugas para pemimpin.
tidaklah cukup seorang pemimpin hanya mempunyai energi. tugas para pemimpin adalah membantu orang lain dalam kelompok untuk menggerakan dan meneruskan energi mereka.
wahai pemimpin apakah kamu memiliki semangat yang lebih dibanding orang yang kamu pimpin? apakah kamu sudah dapat dicontoh oleh orang lain, sehingga kamu memiliki karisma yang utuh? apakah anda memiliki sifat ikhlas dalam bekerja melebihi orang yang kamu suruh?
tugas pemimpin,pelatih, guru dan pendidik, orang tua,ataupun kader memiliki kesamaan. mereka harus memiliki energi dan mampu mengalirkan energi kepada orang lain dibawahnya.
Komponen penting motivasi
1. Kita harus termotivasi untuk dapat memotivasi
Jiwa dan kepribadian kamu harus kuat, iman anda harus mapan, sifat iklas harus menjadi prinsip, jiwa sabar harus menjadi bekal.hukum alam mengatakan, bahwa perpindahan elektron dari banyak ke sedikit, janagn terbalik jika anda ingin memotivasi orang lain anda harustermotivasi terlebih dahulu.
2. Motivasi memerlukan sasaran
Kamu gak akan termotivasi kalau tdk memiliki sasaran. jika kamu tak punya sasaran maka kamu tidak akan sampai dimanapun, kamu hanya akan menghamburkan energi, kalau kamu memiliki sasaran terlalu banyak, maka kamu menghamburkan energi dan tidak sampai dengan baik(tidak mendapat apapun), jika kamu memiliki sasaran jauh dari jangkauan. maka kamu akan prustasi dan tidak mendpatkan apapun, kalau kamu memiliki sasaran dalam jangka waktu terlalu panjang(dan jiwa tidak siap), maka kamu hanya menunda2 dan tidak mendapatkan apapun, jika kamu memiliki sasaran dalam jangka waktu terlalu pendek (padahal anda mampu), maka anda hanya akan berkelok2 dan tidak tentu arah.
3. Motivasi tidaklah menjadi sesuatu yang abadi, dia harus diciptakan dan diperbaharui
Motivasi memiliki dinamika yang alamiah, bagai kehidupan yang silih berganti musim dan cuaca, itulah kontras kehidupan. motivasi kadang2 semangat dan kadang2 turun. terus ciptkan dan perbaharui motivasi diri, agar kamu meraih kemenangan selalu.
4. Motivasi memerlukan penghargaan
Anak kecil menginginkan gula2, anak remaja menginginkan kebebasan dalam menentukan diri, orang yang matang seksual dan jiwanya memerlukan pasangan hidup. orang tua menginginkan anaknya sukses, orang mengharap masuk syurga, semua manusia mengharapkan penghargaan atas apa yang dikerjakan, nabi mengerukan dengan peringatan dan kabar gembira.
5. Berpartisipasi dalam kelompok dapat menggugah motivasi
Jika dalam pekerjaan kamu lakukan dalam kelompok, bersama dengan kawan-kaan, ada tujuan dan sasaran yang jelas, maka motivasi kerja kamu akan menjadi lain. dalam kelompok terdapat motivasi, naluri kamu hidup dalam kelompok, berjamaah.
6. Kemajuan diri dan berprestasi diri dapat memotivasi
Ada orang bijak bercerita, wahai tuan apakah yg menjadi rahasia anda sehingga anda selalu bertemu dengan saya selalu dalam kondisi yang selalu semangat, jawab beliau selalu memberikan nasehat kepada orang lain, kenaglah, tuliskan tentang kesuksesan masa lalu anda, maka anda akan bersemangat dan tergugah. Cita2 yang tertulis juga akan menggugah motivasi.
7. Semua orang mempunyai sumbu pemicu motivasi....temukan
Temukan pemicu yang khas untuk membangkitkan semangat hidup anda, perenungan, menangis, muhasabah, meditasi membaca kitab suci,bergaul dengan orang2 soleh, mengingat kematian,kerja keras adalah model2 orang untuk memicu semangat
8.Ikatan hati (ukhuwah) dalam Kelompok
Kemenangan kelompok adalah kemenangan individu, setiap personil merasakan keberhasilan yg diraih oleh tim. hal in akan terasa kuat apabila ikatan antar individu dilandasi oleh hati yang tulus dlm berinteraksi, saling percaya memiliki kesamaan dalam persepsi dan visi organisasi.setiap kata disesuaikan dengan sikap (kejujuran) dan setiap sikap disesuaikan dengan kata2 (integritas). setiap individu memiliki rasa empati yaitu kemampuan memahami terlebih dahulu baru dipahami, dan selalu mendengarkan kata suara hati nurani. Keiklasan hati dalam beramal itulahh hal yg utama
TRUSTCO Institute of Applied Management

0 comments:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More