Pengertian Software


Jika hardware adalah jasadnya computer, maka software adalah   ruh-nya atau jiwannya computer. Software merupakan perangkat lunak yang didesain untuk computer dengan fungsi-fungsi tertentu. Dengan software inilah hardware menjadi bermanfaat dan dapat difungsikan sebagaimana mestinya. Software terbagi menjadi 2 bagian pokok, yaitu :

  1. A. Software Utama atau Operating System.
Operating system biasanya disingkat OS, yaitu software dasar yang harus di install ke dalam computer untuk pertama kalinya. Tanpa adanya OS maka aplikasi-aplikasi software tidak dapat digunakan. OS dapat di katakan sebagai penterjemah antara manusia sebagai User dan mesin (hardware) sebagai pelaksana. Hardware adalah benda mati yang tidak mungkin dapat diajak berkomunikasi dan memahami apa yang disampaikan manusia, maka dengan diciptakan OS maka intruksi-intruksi dalam bahasa manusia dapat diterjemahkan oleh OS ke bahasa mesin (Assembly) dan mesin menerima intruksi tersebut, serta melaksanakan intruksi tersebut.
OS dipasaran dapat di kategorikan menjadi 3 ;
-          OS Berbayar ; untuk dapat memnggunakan OS ini kita wajib membelinya dengan harga tertentu dan melisensikannya. OS seperti ini dibuat oleh perusahaan software yang memperkerjakan banyak karyawan, sehingga terkadang harga sebuah software OS dirasakan terlalu mahal, dan juga OS seperti ini bersifat protektif yang mana user tidak berhak mengubah apapun dari jeroan OS ini. Contoh OS ini adalah Microsoft Windows milik perusahaan Microsoft Corporation yang didirikan oleh Bill Gates.
OS Windows amat digemari karena konsep user friendly-nya, ditambah lagi Windows didukung perusahaan-perusahaan software raksasa lainnya seperti Adobe, Corel, dan sebagainya. OS ini merupakan OS yang paling banyak digunakan dan paling banyak dikuasai masyarakat dunia, karena itu penyakit untuk OS ini pun terbilang bejibun banyaknya seperti virus, malware, dan sebagainya. Microsoft Windows dibalik kemudahannya adalah OS yang paling tidak aman.
-          OS Gratisan : OS ini didedikasikan oleh pembuatnya untuk digratiskan, OS ini dibangun dengan konsep Free yaitu kebalikannya dari OS berbayar. Dengan OS ini anda tidak dipungut biaya apapun dan tidak dituntut lisensi apapun. Kita pun dapat melakukan modifikasi atas  jeroan OS ini dan boleh menggunakan nama kita sendiri untuk menamai OS modifikasi tersebut, hanya saja kita dilarang mengklaim hak cipta, dilarang mengkomersilkannya untuk mencari keuntungan semata, dan bebas yang tetap terikat beberapa aturan.
Contoh OS ini adalah Linux, variannya sudah sangat banyak sekali, tampilan GUI-nya pun luar biasa, ringan dan sedikit masalah dengan Virus dan antek-anteknya. OS ini kurang didukung vendor software besar tapi mampu tetap eksis dan perkembangannya semakin familiar tanpa meninggalkan tingkat keamanannya yang tinggi. Bagi yang berkantong tipis, OS ini layak menjadi pilihan.
-          OS Paketan : OS ini sebenarnya masih satu kakek dengan LINUX, yaitu berasal dari UNIX. Hanya saja OS ini didesain khusus untuk mesin computer produksi Apple Corporation. Apple memproduksi hardware PC sendiri yang juga mereka buatkan Softwarenya sendiri pula. Maka ketika kita membeli komputer buatan Apple maka didalamnya sudah tertanam OS buatan Apple yang diberi nama MacOS. Oleh karena itu OS ini hanya cocok dan hanya mau dipasang di mesin computer buatan Apple. OS ini terbilang eksklusif dan harga computer buatan Apple tergolong mahal, namun kualitas selalu terdepan.

0 comments:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More