Memulai Untuk Berkebun

Berawal dari ketidaksengajaan saya melihat sebuah video di Youtube berjudul Edible Garden keren banget menurutku,
https://www.youtube.com/watch?v=NCmTJkZy0rM



karena mereka bisa menanam tanaman yg bisa dimakan dan sebagian mereka jual, dengan menggunakan alat-alat ramah lingkungan seperti listrik tenaga surya pupuk organik buat sendiri, bahan bakar biodiesel mereka lakukan sendiri bersama keluarganya, akhirnya saya pun mencari lebih banyak lagi video yang berhubungan dengan berkebun dan mendownloadnya mulai dengan kata kunci gardenning at home, edible gardening, Vegetable Gardening, sustanable Gardenning, Herb Gardenning, Verticulture, Hidroponic, aquaponik, urban Gardenning dan sebagainya saya semakin tertarik mencari tahu lebih banyak lagi tentang berkebun ini, untuk sekedar nambah pengetahuan, setelah menemukan banyak video tentang gardenning akhirnya saya pun tertarik untuk mencobanya, mulai mencari cara berkebun yang simple-simple saja yang mudah dilakukan untuk pemula seperti saya ini, idepun muncul kenapa tidak mencoba menanam diatas rumah(RoofTop) saja menggunakan Pot recycle maklum keterbatasan lahan ceritanya, mulai dari tanaman yang mudah tumbuh dan mudah perawatannya dan sayapun jatuh hati pada tanaman selada keriting(Lethuce) kangkung, bayam, kailan sayapun coba hunting bibitnya dipasar tradisional terdekat, saya coba tanam dipot dengan media tanah, pupuk kandang dan sekam pebandingan 1:1:1 dan hasilnya cukup bagus dan lumayan bisa bagi2 lalapan sama sayuran ke tetangga waktu itu walaupun sedikit...manfaat kan? melihat tanaman yg lumayan subur kakak saya menawarkan untuk coba menanam strowberry sayapun tertarik juga dan hasilnyapun lumayan walau buahnya jarang daun saja yg subur hihih tapi tidak apalah, saya perbanyak dan ditanam di talang air bekas, atap rumah sekarang lumayan hijau dan serasa menyejukan mata yang sebelumnya terlihat borring, Ternyata benar tidak punya lahan kita masih bisa untuk berkebun loch.
ini salah satu video yg bikin saya kegeret ingin punya

Saking exitednya akhirnya sy minta izin ke ibu saya untuk membongkar kandang ayam yg ada disamping rumah dan lahannya digunakan untuk berkebun saja dan ibu sayapun menyetujuinyai, sayapun meminta bantuan saudara saya untuk membongkarnya dan menggemburkan tanah dibawahnya agar bisa ditanami tanpa menunggu lama sekitar jarak satu mingguan saya pun mulai menanam kangkung, bayam, sawi putih, selada keriting, tomat, kacang panjang, kacang merah, buncis kenikir, basil,...... akhirnya punya juga kebun sayur di samping rumah walaupun hanya sedikit tapi lumayanlah bermanfaat, ternyata berkebun itu tidak sulit hanya diperlukan kemauan saja, Yuk kita ikut serta dalam menghijaukan lingkungan sekitar kita
Berkebun itu menyenangkan loch.
Dibawah ini merupakan Photo tanaman yang saya tanam 
dihalaman dan atap Rumah(RoofTop)




  Lumayan Terjamin kesegarannya dan yang pastinya Organik.

0 comments:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More