Menyiasati Lahan Sempit untuk Bertanam


Orang desa tak perlu berfikir keras untuk menanam sayuran dan bahkan buah-buahan. Lahan mereka luas, kalaupun tak punya lahan, mereka bisa menananam sayuran di halaman mereka yang rata-rata luas. Namun tak demikian dengan orang kota. Lahan yang sempit membutuhkan kreatifitas tersendiri untuk menyiasatinya. Kabarnya, sekarang banyak juga orang-orang kaya yang bertanam di atap mereka yang terbuat dari beton.
Salahsatu kreatifitas untuk memanfaatkan tempat yang ada missal mereka menututup got dengan papan ataupun bambu artinya menutup tidak permanen, dan mereka taruh tanaman pada pot plastik ataupun phollyBag diatasnya. Mereka dapat bertanam bunga dan sayur. Untuk bibit bisa didapatkan di toko pertanian yang memang menjual bibit-bibit sayuran maupun buah-buahan, atau kitapun bisa mendapatkannya dari sisa sayuran yang kita beli dari warung tomat busuk missal bijinya bias kita taburkan saja ke tanah.
Selain menggunakan pot plastik kita juga bisa menggunakan kaleng bekas ataupun media lain yang kira-kira bisa kita jadikan sebagai pot
Ada juga yang menggunakan papan yang diatasnya diberi tanah. jadi intinya kita memanfaatkan lahan sempit semaksimal mungkin, salah atunya yaiutu dengan media pot mau disusun secara vertikal maupun horizontal jadi gak di teras rumahpun jadi


 Ternyata bukan hanya orang pinggiran saja yang memanfaatkan lahan sempit mereka. Orang yang ada di perkotaanpun demikian coba deh saat anda berjalan-jalan di salah satu kota sempatkan untuk melihat-lihat di sekitar pasti anda akan menemukan lahan sempit mereka ditanami bunga maupun sayur-sayuran dilahan sempit mereka, Semangat orang-orang kota untuk bertanam ini patut kita apresiasi. Dan, mudah mudahan jadi inspirasi bagi anda yang memiliki halamannya luas namun belum diberdayakan dengan baik.

Contoh tanaman sayuran yang ditanam di dalam Containner/pot

Contoh menanam bunga dibelakang rumah menggunakan pot


Contoh menanan sayuran diatas gedung perkotaan




0 comments:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More